Rabu, 30 November 2011

TUGAS KKPI




1. Jelaskan macam-macam jaringan computer di bawah ini ?
Ø LAN
Ø WAN
Ø MAN

LAN






Local Area Network biasa disingkat LAN adalah jaringan komputer yang jaringannya hanya mencakup wilayah kecil; seperti jaringan komputer kampus, gedung, kantor, dalam rumah, sekolah atau yang lebih kecil.

WAN




WAN adalah singkatan dari istilah teknologi informasi dalam bahasa Inggris: Wide Area Network merupakan jaringan komputer yang mencakup area yang besar sebagai contoh yaitu jaringan komputer antar wilayah, kota atau bahkan negara, atau dapat didefinisikan juga sebagai jaringan komputer yang membutuhkan router dan saluran komunikasi publik.

MAN



Metropolitan area network atau disingkat dengan MAN. Suatu jaringan dalam suatu kota dengan transfer data berkecepatan tinggi, yang menghubungkan berbagai lokasi seperti kampus, perkantoran, pemerintahan, dan sebagainya. Jaringan MAN adalah gabungan dari beberapa LAN.

2. Sebutkan keuntungan dan kerugian dari jaringan computer !

Keuntungan Jaringan Komputer
Jaringan komputer mempunyai keuntungan lebih jika dibandingkan dengan komputer yang berdiri sendiri. Keuntungan yang didapatkan dari jaringan komputer yaitu :
- Manajemen sumber daya lebih efisien.
- Mempertahankan informasi agar tetap handal dan up-to-date.
- Membantu mempercepat proses berbagi data (data sharing).
- Memungkinkan kelompok-kerja berkomunikasi dengan lebih efisien.
- Membantu usaha dalam melayani klien mereka secara lebih efektif.

Kerugian Jaringan Komputer

Selain keuntungan yang terdapat pada sistem jaringan komputer, juga masih terdapat kerugian yang ditimbulkan, diantaranya :
- Biaya operasional relatif lebih mahal
- Manajemen perangkat keras dan administrasi sistem diperlukan adanya satu komputer     khusus yang berkemampuan lebih untuk ditugaskan sebagai server
- Sharing file yang tidak diinginkan. “With the good comes the bad”.
- Aplikasi virus dan metode hacking.

3. Sebutkan perbedaan topologi jaringan computer BUS, Ring, dan Star !

Topologi BUS




Topologi bus ini merupakan topologi yang banyak digunakan di awal penggunaan jaringan komputer karena topologi yang paling sederhana dibandingkan dengan topologi lainnya. Jika komputer dihubungkan antara satu dengan lainnya dengan membentuk seperti barisan melalui satu single kabel maka sudah bisa disebut menggunakan topologi bus.

Topologo STAR
 





Topologi ini paling banyak digunakan dalam jaringan komputer saat ini. Untuk jenis star ini semua komputer dihubungkan ke satu alat yang dinamakan hub. Semua komputer saling berkirim data berupa sinyal elektronik melalui hub ini. Topologi ini awalnya digunakan dalam sistem mainframe. Jaringan star memberikan manajemen sumber daya (resource) secara sentral, namun dibandingkan dengan jenis bus, star ini memerlukan lebih banyak kabel karena tiap komputer dihubungkan ke hub, semakin banyak jumlah komputer yang akan dihubungkan ke jaringan maka semakin banyak pula kabel dan port yang ada di hub.

Topologi RING






Topologi ring menghubungkan komputer dalam satu bentuk lingkaran kabel. Sinyal yang dikirim akan berkeliling dalam satu arah dan melalui tiap komputer. Tiap komputer dalam topologi ring ini akan berfungsi juga sebagai repeater (penguat sinyal) dan mengirimkan sinyal ke komputer di sebelahnya. Karena tiap sinyal melalui tiap komputer, maka jika satu komputer mengalami masalah dapat berpengaruh ke seluruh jaringan.

4. Jelaskan cara memulai koneksi ke internet ?

Memulai koneksi internet
a. Klik start>Connect To>Telkomnet@instan atau bisa juga double-klik ikon Telkomnet Instan di dekstop  komputer anda bila ada.
b. Akan tampil jendela ‘Connect telkomnet@instan’. Isikan username sesuai dengan yang anda isikan pada saat membangun sebuah koneksi Dial-Up tadi (telkomnet@instan) dan password-nya (telkom). Apabila semua kolom pada kotak dialog tersebut sudah terisi semuanya, maka anda dapat mengklik tombol ‘dial’ untuk memulai sebuah koneksi.
c. Setelah meng-klik tombol ‘dial’, kotak ‘connecting telkomnet@instan’. Proses ini memerlukan waktu kira-kira 1 menit. Namun, dapat terjadi kegagalan koneksi dalam proses ini. Bila hal ini terjadi, anda dapat meng-klik tombol ‘redial’.
d. Setelah komputer berhasil terhubung ke internet melalui koneksi Dial-Up, akan muncul konfirmasi dari komputer bahwa komputer telah terhubung. Kita dapat mengetahui apakah komputer kita telah terhubung dengan internet dengan melihat ikon di taskbar yang bergambar dua buah monitor. Bila ikon monitor tersebut menyala, berarti komputer kita telah terhubung. Bila tidak terhubung, maka layar monitor tersebut tidak akan menyala.
5. jelaskan langkah-langkah menyimpan dan mencetak halaman web ?
Langkah-langkah mencetak halaman web
di internet explorer, klik file lalu pilih save as
tentukan lokasi penyimpanandalam save in
pada kotak teks file name ketik nama file, klik save untuk mulai menyimpan
Langkah-langkah mencetak halaman web
pilih menu file pada menu bar kemudian klik print
setelah itu akan tampil kotak dialog print
anda dapat memilih jenis printer yang akan digunakan serta jumlah dan halaman yang akan diprint pada select print
kemudian klik buton print pada bagian bawah kotak dialog untuk mencetak file

6. jelaskan cara kerja email dan etika penulisan email ?

Cara kerja email

Pada dasarnya email seperti surat biasa(snail mail) yang harus melewati kantor pos sebelum sampai ke tujuannya, begitu dikirim oleh seseorang melalui computer yang tersambung ke internet, sebuah email masuk ke beberapa computer lain di sepanjang jaringan internet yang disebut dengan mail server, ketika email tersebut sampai ke server yang menjadi tujuan, maka email disimpan pada sebuah email box yang dituju.

Etika penulisan email
jangan terlalu banyak mengutip
perlakukan email secara pribadi
jangan gunakan huruf capital
jangan membicarakan orang lain
jangan gunakan Cc
jangan gunakan format HTML
jawablah secara masuk akal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar